Senin, 06 Februari 2012

Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan Manusia


           Sudah kodrat bahwa manusia selalu mempunyai keinginan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Bagi setiap individu kebutuhan hidup tidaklah sama, baik jenis, jumlah, maupun ukurannya. Perbedaan kebutuha terebut disebabkan oleh banyak factor. Diantaranya factor fisik, factor eknomi, factor sosial, budaya dan factor alam.
a.     Faktor  Fisik
Kondisi fisik setiap orang berbeda – beda. Ada yang gemuk dan kurus, ada
yang tinggi ada yang pendek, ada laki – laki dan perempua, dan ada yang tua maupun muda. Semua kondisi tersebut memengaruhi jenis, jumlah, dan ukuran barang/ jasa yang dibutuhkan seseorang. Contoh : porsi makan orang dewasa lebih banyak daripada anak kecil, orang gemuk membutuhkan baju yang lebih besar dari orang  kurus.
b.     Faktor Ekonomi
Kondisi ekonomi seseorang sangat memengaruhi tingkat kebutuhannya.
Semakin baik kondisi ekonomi seseorang, maka semakin banyak dan beragam pula kebutuhannya yang dapat dipenuhinya. Contohnya : barang atau jasa yang dit=butuhkan orang kaya beraneka ragam, harganya oun cenderung mahal – mahal. Adapun orang miskin, barang/ jasanya cenderung lebih sedikit.
c.      Faktor Sosial Budaya
Sosial budaya suatu daerah sangat mempengaruhi cara hidup dan
kebutuhan seseorang yang hidup di dalamnya. Contohnya : orang betawi menyukai lenong, orang bandung suka jaipongan, dan masih banyak llagi. Baju adat juga dapat dijadikan contoh. Bagi masyarakat pedesaan, pemilihan baju dipilih berdasarkan pada tingkat kesopanan dan fungsinya. Adapaun bagi masyarakat kota, pakaian cenderung dipilih melalui mode dan pakaian yang bermerek.
d.     Faktor  Alam
Keadaan alam tempat tinggal seseorang turut mempengaruhi  barang/
jasa yang dibutuhkan. Kebutuhan mereka disesuakina dengan iklim atau keadaan daerah tempat tinggal. Contohnya: alat transportasi penduduk yang tinggal didaerah terpencil atau dipegunungan berbeda dengan yang ada dikota. Bagi yang tinggal di dearah terpencil, kuda merupakan alat transportasi yang bisa dipergunakan karena daerahnya sulit dilalui oleh mobil atau motor. Adapun daerah perkotaan, mobil dan motor merupakan transportasi yang paling cocok dipergunakan. Hal tersebut dikarenakan jalan – jalan di perkotaan bisa dilalui oleh kudeua transportasi tersebut.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar