Selasa, 07 Februari 2012

Sumber Daya


         Kebutuhan manusia yang beraneka ragam sebenarnya memerlukan sumber daya yang tidak terbatas pula. Sayangnya, jumlah sumber daya yang ada terbatas sehingga tidak cukup untuk memenhi kebutuhan semua manusia.
      1.     Pengertian Sumber Daya
Sumber Daya adalah segala sesuatu yang digunakan untuk menghasilkan alatpemuas kebutuhan manusia, Sumber daya sendiri meliputi sumber daya alam, manusia, dan modal.

a.     Sumber daya alam adalah benda dan kekuatan yang tersedia di alam semesta yang secara langsung atau tidak langsung dapat memenuhi kebutuhan manusia. Contohnya : air, sinar matahari, tanah, dan benda-benda tambang.
b.     Sumber daya manusia adalah tenaga ydan keahlian manusia yang diperlukan untuk mengambil atau mengolah sumber daya alam sehingga menjadi alat pemuas kebutuhan manusia. Contoh : petani dan nelayan
c.      Sumber daya modal adalah barang atau uang yang dapat digunakan untuk menghasilkan alat pemuas kebutuhan manusia. Contoh modal yang berbentuk barang adalah kain untuk membuat pakaian. Contoh modal yang berbentuk uang adalah anggaran untuk memulai usaha peternakan ayam.

2. Kelangkaan Sumber Daya
             Kelangkaan Sumber Daya adalah keadaan dimana jumlah sumber daya yang tersedia tidak mencukupi untuk memenuhi berbagai kebutuhan manusia. Dalam keseharian kita, kelangkaan sumber daya hampir terjadi di semua jenis kebutuhan. Di antaranya, ada sekelompok masyarakat yang tinggal di bawah jembatan dan masih sering terjadi antrian masyarakat saat membeli bensin. Kedua peristiwa tersebut menunjukkan tidak sebandingnya jumlah sumber daya alam dengan kebutuhan manusia.
              Adapun factor yang mempengaruhi kelangkaan sumber daya adalah sebagai berikut.
      1.     Jumlahnya terbatas
      2.     Sulit diperoleh
      3.     Meningkatnya kebutuhan manusia
      4.     Tidak menyebar merata

Tidak ada komentar:

Posting Komentar