Jumat, 03 Februari 2012

Kebutuhan Manusia


       Blog ini menjelaskan tentang beberapa materi tentang ekonomi. Ilmu ekonomi di masa krisis monetir kaya sekarang nih perlu di tingkatin supaya kita bisa bertahan di hidup seperti sekarang. Semoga bermanfaat y buat kalian semua. Cekidott ... ;)  


       Setiap manusia tidak lepas dari berbagai macam kebutuhan. Bagi manusia yang hidup di zaman purba, kebutuhannya hanya berupa makanan dan pakaian yang sederhana. Namun, seiring perjalanan waktu, pertambahan jumlah penduduk, serta kemajuan ilmu pengetahuan dan tekhnologi, kebutuhan manusia terus berkembang.


Pengertian Kebutuhan Manusia
          Pada masa sekarang, kebutuhan makanan dan pakaian yang sederhana saja tidak cukup. Kebutuhan telah bergeser ke barang yang lain, yaitu perumahan dan kendaraan. Bahkan jenisnya pun bertambha ke jasa, seperti jasa angkutan umum dan dokter. Kebutuhan manusia adalah setiap keinginan manusia atas barang atau jasa yang dapat memberikan kepuasaan jasmani dan rohani demi kelangsungan hidupnya.  
          
  Dari uraian tadi, tergambar sudah bagaimana jenis kebutuhan manusia tersu berkembang. Perkembangan kebutuhan ini telah membuat semakin beragam jenis kebutuhan manusia. Oleh karenanya, dalam ilmu ekonomi kebutuhan manusia dikelompokkan menjadi beberapa jenis kebutuhan.

     2.  Jenis Kebutuhan Manusia

 a.  Kebutuhan Manusia Menurut Tingkat Kepentingannya
             Kebutuhan manusia menurut intensitasnya teridir dari 3, yaitu kebutuhan primer, sekunder, dan tersier. 

1.   Kebutuhan Primer
      Kebutuhan primer adalah kebutuhan pokok yang harus dipenuhi agar manusia dapat melangsungkan hidupnya. Kebutuhan primer tidak bisa ditangguhkan pemenuhannya. Jika ditangguhkan kelangsungan hidup manusia bisa terganggu bahkan terancam. Beberapa benda yang termasuk kebutuhan primer yaitu, makanan dan minuman (pangan), pakaian (sandang), dan rumah (papan)
2.    Kebutuhan Sekunder
            Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan yang dipenuhi setelah kebutuhan primer terpuaskan. Kebutuhan sekunder tidak mutlak untuk dipenuhi. Namun jika terpenuhi, kehidupan kita menjadi terasa lebih baik, lebih bahagia, dan beradab. 
3.     Kebutuhan Tersier
             Kebutuhan tersier adalah kebutuhan yang hanya bisa terpuaskan dengan menggunakan atau memanfaatkan barang mewah. Kebutuhan tersier timbul setelah kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi dengan baik. Walaupun tidak terpengaruh terhadap kelangsungan hidup manusia, kebutuhan ini akan meningkatkan status sosial orang yang dapat memenuhinya. Beberapa benda yang termasuk kebutuhan mewah, yaitu mobil, mutiara, vila, dan wisata ke luar negeri. 

  b.  Kebutuhan Manusia Menurut Waktu Pemenuhannya
                Kebutuhan manusia menurut waktu pemenuhannya dikelompokkan menjadi kebutuhan sekarang dan kebutuhan masa mendatang.

1.    Kebutuhan Sekarang
                   Kebutuhan sekarang adalah kebutuhan yang pemenuhannya bersifat mendesak dan pemenu hannya tidak dapat ditunda - tunda. Bila dituna, akan menimbulkan kerugian, kecelakaan, dan bahkan hingga bencana yang tida dapat dihindari. Contohnya air minum untuk orang kehausan dan obat untuk orang sakit.
2.    Kebutuhan Masa Datang
                      Kebutuhan masa datang adalah kebutuhan yang pemenuhannya bisa ditunda sampai waktu yang ditentukan. Kebutuhan ini bisa ditunda karena bukan kebutuhan mendesak dan perlu perencanaan yang matang untuk memenuhinya. Contohnya adalah handphone bagi siswa siswi, dll.

  c.   Kebutuhan Manusia Menurut Sifatnya
                     Kebutuhan manusia menurut sifatnya, dikelompokkan menjadi kebutuhan jasmani dan kebutuhan rohani.

1,     Kebutuhan Jasmani
                Kebutuhan jasmani atau materil adalah kebutuan yang diperlukan untuk memelihara, melindungi dan membangun jasmani manusia. Kebutuhan materil bisa dipenuhi dengan memanfaatkan benda berwujud. Contohnya makanan dan pakaian.
2.     Kebutuhan Rohani
                 Kebutuhan rohani atau imateril adalah kebutuhan yang diperlukan untuk menjaga rohani atau mental manusia berfungsi dengan baik. Kebutuhan imateriil bisa dipenuhi dengan memanfaatkan benda yang tidak berwujud atau jasa. Contohnya jasa guru dan psikiater.

  d. Kebutuhan Manusia Menurut Subjeknya
              Kebutuhan manusia menurut subjeknya dikelompokkan dalam kebutuhan individu dan kolektif.

1.           Kebutuhan Individu  
Kebutuhan individu adalah kebutuhan yang diperlukan
untuk memenuhi kebutuhan seorang atau pribadi. Kebutuhan individu sangat dipengaruhi oleh jenis kelamin, selera, hobi, bakat, pendidikan, jenis pekerjaan, status sosial, dll. Contoh barang yang termasuk kebutuhan individu adalah
       a.           Pelukis membutuhkan kuas dan cat untuk melukis
.                      b.     Buku ekonomi kelas VIII merupakan salah satu kebutuhan siswa SMP kelas VIII.
2.           Kebutuhan Kolekif
Kebutuhan kolektif adalah kebutuhan yang diperlukan
untuk memenuhi kebutuhan sekelompok orang atau segolongan masyarakat. Contoh barang kolektif adalah
a.    Keluarga Pak Rendi memerlukan televisi
b.    Tempat ibadah untuk umat beragama

          

Tidak ada komentar:

Posting Komentar